Kamis, 31 Oktober 2013

SEBUAH KUALITAS KARYA TULIS

1. Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa  aspek, yaitu :
    a.Topik yang menarik

    b. Mudah dipahami oleh pembaca
A. Pengertian Topik
Topik (bahasa Yunani:topoi) adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan.Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan. Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas.Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis. Ciri utama dari topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan msih bersifat umum dan belum diuraikan secara lebih mendetail.
Topik biasa terdiri dari satu satu dua kata yang singkat, dan memiliki persamaan serta perbedaan dengan tema karangan. Persamaannya adalah baik topik maupun tema keduanya samasama dapat dijadikan sebagai judul karangan. Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum,sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.

B. Syarat Topik yang baik
1. Menarik untuk ditulis
Topik yang menarik bagi penulis akan mengingatkan kegairahan dalam mengembangkan suatu penulisannya, dan bagi pembaca akan mengundang minat untuk selalu membaca topik tetsebut.
2. Dikuasai dengan baik oleh penulisa minimal prinsip-prinsip ilmiah 
Untuk menghasilkan tulisan yang baik, penulis harus menguasai sebuah teori-teori yang membahas tentang penulisan yang baik dan benar. Selain itu, penulis juga harus menguasai waktu, biaya, metode penulisan yang digunakan dan bidang ilmu yang dikuasai.

0 komentar: