Selasa, 13 Maret 2012

INTERNET SEBAGAI SUMBER INFORMASI

A. Internet sebagai sumber informasi
Internet merupakan sarana yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari informasi yang kita inginkan. Di internet, kita dapat mencari barang kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Berita dan beragam informasi yang diperlukan dapat kita temukan di internet, termasuk hiburan. Cara yang digunakan pun sangat mudah, hanya dengan mengetik nama alamat situs atau mencarinya dengan mesin pencari, dalam hitungan detik kebutuhan yang kita cari, kita dapatkan.

Di internet, kita bisa mencari info dan berita-berita aktual melalui mesin pencari, seperti www.google.com, www.Altavista.com, www.Ask.com, www.Yahoo.com. 
Kita juga bisa menjaring banyak teman dari berbagai kalangan dari seluruh dunia melaluli situs-situs pertemanan, seperti Friendster, Facebook, Twitter, mig33, Ebuddy, tagged dan hi5. di situs-situs ini, kita dapat bergabung dengan berbagai macam komunitas, misalnya komunitas hobi atau profesi. Melalui internet, kita bisa mendapatkan film, musik, bahkan program-program terbaru melalui situs-situs yang menyeidakan  fasilitas download (unduh) gratis. tidak hanya itu, kita pun bisa berbelanja di internet.  Ya, internet menyediakan berbagai barang dan jasa yang kita butuhkan. kunjungi saja toko-toko online dan ikuti langkah-langkahnya, dalam sekejap, kita akan bisa berbelanja apa pun yang kita inginkan. Selain berbelanja, kita dapat berbisnis di internet. tidak hanya toko online, situs-situs bisnis bisa menjadi wadah kita dalam menjaring rekanan. Kunjungi saja situs-situsnya, ikuti langkah-langkahnya. Bukan mustahil, kita bisa sukses berbisnis melalui situs-situs ini. Jika sulit mencari tempat yang mampu memfasilitasi hobi, kunjungi situs-situs hobi. Disini kita bisa memperoleh apapun yang kita perlukan, dari komunitas hobi yang sama, barang-barang koleksi, hingga acara-acara dan jual beli barang-barang koleksi.

Internet juga bisa menjadi teman kita saat bekerja untuk mendapatkan berita-berita aktual. Buka situs-situs berita, seperti www.detik.com atau www.kompas.com. tidak hanya itu, disini kita bisa mendapat manfaat lain seperti komunitas (forum), download games, hingga konsultasi. Selain berita, internet menjadi media hiburan. 
kunjungi situs-situsnya  di internet seperti youtube, okezone, dan kapanlagi.com. 
Situs-situs ini bisa menjadi teman setelah penat beraktivitas seharian. Agartidak disebut gaptek (gagap teknologi), kunjungi situs-situs iptek. Informasi-informasinya dijamin membuat kita selalu update pada segala macam yang terjadi saat ini.

B. Mesin pencari terpopuler
Berikut ini adalah mesin pencari terpopuler, yaitu:

  • www.google.com
  • www.yahoo.com
  • www.wisenut.com
  • www.Alltheweb.com
  • www.Altavista.com
  • www.Ask.com
  • Live Search


Sumber  :Buku Menjelajah Internet
Penerbit :Cahaya Pustaka Raga