Senin, 12 Maret 2012

KEBUDAYAAN


1. Definisi Budaya
Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi pekerti dan akal manusia. 
Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata ''culture'' juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.


2. Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang
lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.
Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.
Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya




A. Menurut Pendapat Saya


Kebudayaan adalah suatu adat atau kebiasaan yang pada hakikatnya terbentuk di dalam suatu suku atau kelompok yang dipakai dan diwariskan oleh orang-orang terdahulu secara turun-temurun. Disisi lain budaya atau adat kebiasaan bisa menjadi suatu kewajiban yang tak bisa di tinggalkan.Oleh karena itu dalam setiap kebudayaan dikenal norma-norma yang ideal dan norma-norma yang kurang ideal atau norma rata-rata. Norma ideal sangat penting untuk menjelaskan dan memahami tingkah laku tertentu manusia, dan ide tentang norma-norma tersebut sangat mempengaruhi sebagian besar perilaku sosial termasuk perlaku komunikasi manusia
Kebudayaan terbentuk dari berbagai sudut pandang, diantaranya yaitu dari sistem kepercayaan atau keyakinan (Agama), Artefak, situs sejarah kehidupan orang-orang terdahulu, peninggalan sebuah situs sejarah,adat istiadat,  politik dan sistem kehidupan orang-orang terdahulu.


1.Budaya terbentuk menurut kepercayaan atau keyakinan (Agama)
Yaitu suatu adat kebiasaan yang memiliki norma-norma atau aturan yang mengarah kepada kepercayaan atau keyakinan yang dilakukan oleh setiap orang yang meyakini akan kebenaran terhadap bagaimana mereka menjalani hidup dengan benar, bagaimana mereka memandang akan makna kehidupan dan sampai dengan cara mereka bersosialisasi ataupun berkomunikasi dengan manusia lain.
Selain itu agama juga mempunyai berbagai macam budaya atau adat kebiasaan yang dipakai dan di jalankan oeh para penganut agama itu sendiri. 

Agama sangatlah penting bagi kehidupan manusia, tanpa agama seorang manusia tidak akan terarah kehidupannya, agama adalah sebagai jalan penuntun atau pembimbing bagi setiap insan (manusia).
Sebagai contoh didalam Kebudayaan Islam, Islam mengajarkan berbagai tata cara dan adab kebiasaan kehidupan yang sebenar-benarnya, sebagian contoh dalam kebudayaan orang islam yaitu:


  • Budaya Memakai kerudung bagi setiap muslimah, yaitu yang bertujuan untuk menutupi seluruh bagian atas kepala dan rambut perempuan, kecuali muka. Dan demi memenuhi kewajiban sebagai umat islam yang bertaqwa kepada Allah Swt.
  • Budaya Memakai kofiah (songkok) bagi setiap muslim laki-laki.
  • Budaya Takbiran, yaitu suatu adat atau kebiasaan (kebudayaan) umat islam yang bertujuan untuk menyambut datangnya dua hari raya, yaitu Hari Raya Idul fitri dan Idul Adha yang datang di setiap tahunnya.
Tidak hanya itu saja kebudayaan dalam agama islam, masi banyak budaya-budaya yang diwariskan secara turun-temurun dari para umat islam terdahulu.

2. Budaya yang terbentuk dari Artefak(karya seni)
Yaitu suatu kabudayaan yang terbentuk dari suatu peninggalan yang berupa benda-benda bersejarah, seperti alat-alat dapur,alat kerajaan, perkakas dan pakaian.

Disisi lain budaya juga dapat dilihat dari karya seni yang mungkin tidak asing bagi rakyat indonesia.
Indonesia mempunyai beragam budaya seperti:
  • Tarian daerah
  • Rumah adat
  • Lagu daerah
  • Alat-alat musik
  • Beragam pakaian adat yang berbeda setiap daerah
  • Batik indonesia





                                                                             ZAENUDIN
                                                                             1KB03
                                                                             27111709

0 komentar: